Cara Mengatasi Mudah Capek

Cara mengatasi mudah capek gampang. Tinggal melakukan teknik yang benar. Misalnya, mengatur pola aktivitas, termasuk jangan memforsir diri dan melakukan istirahat yang benar dan menjaga pola hidup sehat, termasuk juga menjaga pola makan sehat.

Beberapa cara ini selalu berkaitan satu sama lain. Lebih baik diterapkan semua agar ketika sedang dan setelah beraktivitas tidak mudah capek.

Namun jika mudah capek disebabkan karena kondisi medis tertentu, maka cara cara diatas tidak digunakan. Sebaiknya segera periksa ke dokter agar ditangani dengan tepat.

Misalnya penderita diabetes, salah satu indikasinya adalah mudah capek. Jika mengalaminya, justru lebih baik mengurangi aktivitas berat, mengonsumsi makanan sehat dan melakukan terapi atau perawatan medis.

Mengatur Pola Aktivitas

Aktivitas berat yang dilakukan berulang dalam waktu yang lama. Akan membuat seseorang mudah capek, juga berimbas pada efek jangka panjang yang buruk. Yaitu, menurunya kondisi fisik tubuh dan kesehatan. Ini memudahkan berbagai gangguan kesehatan terjadi, penyakit mudah masuk.

Meski tidak sedikit juga fakta menunjukan sebaliknya. Banyak yang melakukan pekerjaan fisik berat, berulang dan terus menerus dalam waktu lama dan panjang namun tidak gampang capek, kondisinya pun sehat.

Namun hal ini tidak menjadi patokan mengingat kemampuan fisik seseorang berbeda beda. Untuk mengantisipasi kemungkinan buruk dimasa depan, sebaiknya ikuti saja pola standar kesehatan secara umum sehingga kesehatan terjaga.

Sebaiknya tidak memaksakan diri mengerjakan pekerjaan fisik yang berat dilakukan sekaligus dalam waktu sama dan berulang terus menerus. Berilah waktu untuk diri anda untuk istirahat di sela waktu luang.  Memanfaatkan waktu luang di sela kerja untuk istirahat. Anda bisa bersantai sejenak, atau tiduran di meja kantor barang 10 menit atau 20 menit. Ini berguna agar energi pulih, sehingga tidak mudah capek.

Menyiapkan Energi

Rasa capek bisa terjadi karena aktivitas fisik berat, dan kurangnya energi. Kurangnya energi dalam tubuh akan membuat anda tidak bertenaga, mudah lemas, dan ngantuk. Untuk itu, pastikan energi anda tercukupi sebelum memulai aktivitas fisik.

Caranya adalah dengan makan makanan bergizi dan tepat waktu. Coba konsumsi makanan empat sehat lima sempurna, terdiri dari daging, buah, sayur. Menu semacam ini berkhasiat menyuplai energi, sehingga badan fit dan segar. Tidak gampang diserang capek. Selain itu, juga berguna untuk organ dalam. Menu makanan bergizi dan sehat selalu dibutuhkan semua orang.

Konsumsi Suplemen Tambahan

Selain makan makanan sehat bergizi. Lengkapi juga dengan mengkonsumsi suplemen tambahan yang membantu memenuhi kebutuhan energi anda. Ini bisa berupa suplemen yang dibeli di apotek atas saran dokter, atau suplemen herbal seperti jamu tradisional. Konsumsilah sesuai anjuran, sebelum dan sesudah beraktivitas. Namun untuk suplemen kimia, minta saran lebih dulu ke dokter sebelum mengonsumsi karena bisa menimbulkan efek kimiawi yang tidak baik bagi tubuh. Untuk jamu tradisional, pastikan bahwa kualitasnya aman dan konsumsilah sesuai porsi  Karena apapun yang berlebihan tidak baik

Latihan Fisik

Mudah capek bisa saja terjadi karena fisik kurang terlatih. Memang, kemampuan dan kondisi fisik tiap orang beda beda. Ada yang kuat ada yang tidak. Namun dengan latihan fisik secara rutin, otot otot akan terlatih tidak tegang, dan menjadi kuat.  Badan pun tidak mudah capek meskipun melakukan aktivitas berat jika fisik sudah terlatih.

Cara melatih fisik tidak harus dengan latihan yang berat layaknya atlet. Cukup lakukan olahraga ringan dan kecil kecilan. Asalkan teratur dilakukan, fisik anda akan terlatih. Otot akan kuat.

Anda bisa mencoba lari lari kecil di pagi hari, atau bersepeda. Ini cara bagus menguatkan otot. Jika ini dilakukan rutin, lama lama fisik anda akan kuat dan tidak mudah capek ketika melakukan aktivitas fisik berat sekalipun.

Fisik Selalu Aktif

Memang, aktivitas fisik membuat orang merasa capek. Tapi, cobalah agar selalu beraktivitas fisik secara aktif. Fisik yang aktif membuat otot terlatih, sehingga menjadi kuat. Sebaliknya, jika anda tidak aktif dalam kegiatan fisik dan ketika mencoba melakukan kegiatan fisik, maka anda akan mudah lelah karena "memanjakan" otot. Otot yang tidak digunakan akan lemah, terjadi penumpukan laktat, efeknya bisa pegal pegal dan rasa letih.

Atau kamu juga bisa menyewa jasa Pijat panggilan semarang ketika badan kamu terlalu capek saat beraktivitas, mungkin solusi ini bisa membantu kamu mendapatkan tubuh yang rileks dan segar kembali.

Nah itulah cara agar tidak mudah capek. Caranya, anda tinggal mengatur pola dan ritme aktivitas fisik. Jangan memforsir diri, tapi juga jangan banyak diam atau jarang melakukan aktivitas fisik. Semua yang berlebihan biasanya kurang baik. Jangan lupa olahraga teratur, jaga pola hidup dan pola makan sehat serta tetap berpikir positif karena pikiran positif juga berkaitan erat terhadap kondisi kesehatan tubuh.