Aman Dikonsumsi, Simak 3 Rekomendasi Obat Sariawan Untuk Balita

Sariawan pada anak terkadang menyebabkan anak menjadi lebih mudah rewel serta menurunnya nafsu makan. Agar bisa mengatasi keluhan yang dialami, ada beberapa rekomendasi obat sariawan untuk balita yang bisa anda berikan.

Rekomendasi Obat Sariawan Untuk Anak

1.Ibuprofen

Ibuprofen adalah salah satu obat yang bisa dengan efektif meredakan nyeri serta mengurangi peradangan yang ada di dalam tubuh. Dibandingkan dengan paracetamol, ibuprofen memiliki efek yang lebih kuat.

Oleh karena itu anda harus berhati hati dalam pemberian obat ibuprofen ini. Yang mana ibuprofen tidak boleh diberikan kepada anak yang saat itu sedang mengalami dehidrasi ataupun muntah secara terus menerus.

  1. Chlorhexidine

Chlorhexidine merupakan obat topikal berupa antiseptik cair dan bisa digunakan sebagai obat sariawan untuk anak anak balita. Biasanya dokter memberikan resep obat agar dapat mencegah pertumbuhan bakteri yang berada dalam mulut si kecil.

Varian yang ditawarkan dari obat ini pun beragam. Mulai dari bentuk salep, larutan, serta obat kumur. Apabila anak sudah bisa berkumur dengan baik, maka dokter akan memberikan varian obat chlorhexidine dalam bentuk obat kumur

  1. Hidrogen Peroksida

Obat terakhir yang bisa digunakan untuk mengobati sariawan pada anak yaitu hidrogen peroksida. Dimana obat ini dapat mencegah munculnya infeksi pada luka sariawan yang berada di dalam mulut.

Perlu juga menjadi perhatian bagi anda untuk hati hati dalam penggunaan obat hidrogen peroksida. Yang mana bentuk murni hidrogen perokside ini bisa melukai gusi serta mulut si kecil.

Demikian beberapa obat yang bisa anda berikan kepada si kecil ketika sedang mengalami keluhan sariawan. Untuk penggunaan pada anak balita, diharapkan anda lebih berhati hati agar tidak terjadi kesalahan.