Ada banyak keutamaan sedekah yang bisa kita dapatkan ketika melaksanakannya. Sehingga dengan mengetahui keutamaannya ini kita sebagai seorang muslim menjadi lebih bersemangat untuk berbuat amal baik yaitu bersedekah.

Secara ringkasnya sedekah adalah memberikan sesuatu kepada orang lain dengan ikhlas tanpa memperhitungkan jumlah dan waktu untuk memberikanya. Sedekah tidak hanya bisa membuat kita mendapatkan banyak pahala, tetapi sedekah juga bisa membuat kita mendapatkan keberkahan dari Allah SWT.

Apa Yang Dimaksud Dengan Sedekah?

Sedekah adalah memberikan sesuatu dalam bentuk harta atau non harta yang bermanfaat kepada orang lain yang membutuhkan. Jadi tidak ada alasan bagi umat muslim yang merasa kekurangan untuk tidak melakukan sedekah, karena sedekah tidah harus berbentuk uang atau harta, melainkan bisa juga dalam bentuk bantuan tenaga dan waktu kepada orang lain yang membutuhkan.

Dalil tentang manfaat sedekah tercantum dalam firman Allah pada surat Al-Baqarah ayat 245. Yang menjelasakan barang sisapa yang memberikan amalan baik ( sedekah ) karena Allah, maka Allah akan melipatgandakan kebaikan yang dilakukannya dengan lebih banyak lagi.

Dalil tentang keutamaan sedekah tercantum dalam firman Allah di Al-Quran pada surat Al-Baqarah ayat 271. Pada surat surat Al-Baqarah ayat 271, dijelaskan bahwa sedekah yang ditampakan adalah hal yang baik, tetapi jika kamu melakukan sedekah dengan cara bersembunyi-sembunyi kepada orang fakir maka itu lebih baik. Allah akan menghapuskan dosa dan kesalahanmu.

Keutamaan Sedekah Menurut Ajaran Agama Islam

Ada banyak keutamaan sedekah menurut ajaran agama islam yang tercantum dalam beberapa hadist, berikut adalah keutamaan sedekah :

1. Sedekah Tidak Mengurangi Harta

Keutamaan sedekah pertama adalah sedekah tidak akan mengurangi harta kita, keutamaan ini tercantum dalam hadits keutamaan memberi sedekah yang dijelaskan pada hadist HR. Muslim.

Selain itu ada juga dalil yang menjelaskan tentang Allah akan menggantu dan memberikan rezeki yang lebih baik kepada orang yang sedekah pada QS. Saba’: 39.

2. Mengapus Dosa

Keutamaan sedekah lainnya adalah dapat menghapuskan kesalahan dan dosa yang telah kita perbuat. Hadist yang menjelasakan tentang ini terdapat pada HR. At-Tirmidzi. Hadist tersebut menjelaskan bahwa sedekah dapat menghapuskan dosa seperti halnya air yang dapat memadamkan api.

Jadi jika kita merasa bahwa kita memiliki banyak dosa di masa lalu, maka segerakanlah untuk bersedekah dengan ikhlas karena Allah. Maka dengan cara ini kita akan memiliki lebih banyak amal kebaikan yang dapat menghapuskan dosa-dosa yang telah berlalu.

3. Dilipatgandakan Pahalanya

Keutaman selanjutnya adalah kita akan dilipatgandakan pahala dari Allah SWT ketika kita melaksanakan sedekah secara ikhlas. Jadi kita akan mendapatkan ganjaran pahala yang banyak dan berlipatganda ketika bersedekah seusai dengan firman Allah SWT pada Qs. Al Hadid: 18.

4. Mencegah kematian Buruk dan Memanjangkan Umur

Dengan bersedekah kita dapat mencegah kematian buruk dan memanjangkan umur kita. Yang dimaksud memperpanjany umur disini bukan kita menjadi hidup lebih lama, melainkan amal kebaikan yang kita lakukan di dunia akan selalu dikenang walaupun kita sudah tidak hidup di dunia.

Hadist tentang keutamaan sedekah dapat mencegah kematian buruk dan memanjangkan umur, menghilangkan sifat sombong, bangga diri dan kefakiran yang tercantum pada HR. Thabrani.

5. Dijauhkan Dari Api Neraka

Siapa saja yang gemar bersedekah maka mereka akan dijauhkan dari api neraka. Karena dengan bersedekah kita bisa mendapatkan pahala dari amal baik yang telah kita lakukan, sehingga dosa yang dimiliki akan tertutupi dengan amal baik tersebut.

Sehingga orang memiliki amal yang baik lebih besar dibandingkan dosanya akan terhindar dari siksa api neraka.

6. Menyembuhkan Penyakit

Dengan kita rajin bersedekah kita juga bisa terhindar dan sembuh dari penyakit. Karena ketika kita melakukan kegiatan yang positif dan sedekah adalah salah satu cara agar memiliki hidup bahagia maka imun tubuh akan meningkat sehingga kita akan terhindar dari berbagai penyakit.

Pada HR. Ath-Thabrani juga menjelaskan tentang sabda Rasullullah SAW bahwa cara melindungi harta adalah dengan zakat, cara untuk mengobati sakit adalah sedekah dan berdoalah untuk menghadapi datanya sebuah bencana.

7. Menolong kita di hari Akhir atau Kiamat

Dalam hadis riwayat Ahamad, Rasulullah bersabda tentang beberapa manfaat sedekah dalam islam tentang yang dapat menaungi orang mukmin saat hari kiamat yaitu sedekah.

Karena itu kita sebagai umat islam yang ingin mendapatkan perlindungan dari Allah di hari akhir perbanyaklah sedekah terutama di bulan ramadhan.

8. Menciptakan Kebahagiaan

Profesor University of Oregon pernah melakukan sebuah penelitian tentang manfaat sedekah. Salah satu manfaat yang bisa didapatkan dari penelitian tersebut adalah orang akan merasa lebih bahagia karena otak melepaskan endofrin dan dopamin saat mereka bersedekah.

Penelitian lainnya dari jeman juga menemukan hasil bahwa dengan bersedekah maka orang yang melaksanakannya merasa bangga dan puas terhadap dirinya sendiri karena bisa berbuat kebaikan.

9. Menguatkan Tali Silaturahmi

Dengan berbagi melalui sedekah tentunya ini akan memperat tali silaturahmi sesama umat manusia. Dengan bersedekah kita akan membantu banyak orang yang sedang merasa membutuhkan.

Sehingga orang tersebut yang telah terbantu juga akan merasa memiliki keluarga atau kerabat baru, sehingga sedekah sangat bermanfaat untuk meningkatkan tali silaturahmi sesama manusia.

10. Terhindar dari Marabahaya

Dengan bersedekah kita bisa menolak bala, sehingga dengan sedekah kita bisa terhindar dari musibah dan kejahatan yang akan menimpa kita. Selain itu dengan sedekah ktia bisa mendapatkan banyak pahala dan rezeki bahkan Allah SWT juga menjanjikan akan melipatgandakan pahala orang yang bersdekah.

11. Mendapatkan Keberkahan

Sesuai firman Allah pada QS at-Taubah [9]: 103, manfaat sedekah yang bisa kita dapatkan adalah mendatangkan berkah.

12. Membuat Kita akan Selalu Bersyukur

Secara alami ketika kita dapat memberikan bantuan kepada orang lain baik dalam bentuk materi ataupun non materi, akan mengingatkan kita akan rasa syukur. Artinya ketika kita bisa membantu orang lain, berarti kita masih lebih baik dari orang yang kita bantu, sehingga disini akan timbul rasa syukur dari dalam hati.

Selain rasa syukur bisa dirasakan oleh pemberi, orang yang menerima juga pastinya akan bersyukur bahwa masih ada orang yang mau membantu dia dalam kesusahan yang dia alami saat ini.

13. Dapat dengan Mudah Dikabulkan Permintaannya

Ketika kita bersedekah dengan ikhlas karena Allah dan kita iringi doa saat melakukan sedekah maka doa tersebut bisa dikabulkan oleh Allah.

Kita bisa dipermudah rezekinya, diangkat penyakit serta dimudahkan segala urusan duniawi oleh Allah SWT ketika kita rajin bersedekah.

Terdapat HR. Bukhari dan Muslin, dari Abu Hurairah yang menjelaskan tentang orang yang bersedekah di waktu subuh akan didoakan oleh 2 malaikat yang turun ke bumi.

Jadi itulah tadi keutaman sedekah yang bisa kita dapatkan ketika kita melakukan sedekah dengan tulus dan ikhlas karena Allah SWT.

Sedekah Yang Paling Utama Kepada Siapa Harus Kita Berikan?

Dari penjelasan tentang keutamaan sedekah di atas, sedekah yang paling utama kepada siapa saja harus kita berikan menurut ajaran agama islam?

Pastinya banyak seorang muslim yang dibenak kepala mereka menanyakan hal ini, maka dari itu sebelum benar-benar menjalankan sedekah kamu harus memahami sedekah yang paling utama kepada siapa saja.

Sedekah merupakan sebuah amal baik yang memiliki banyak keutaman seperti yang dijelaskan di atas. Sehingga sebagai seorang muslim kita harus melaksanakannya.

Dalil di dalam Al-Quran yang menjelaskan tentang balasan berlipat ganda kepada orang yang bersedekah tecantum dalam surat Al Hadid ayat 18.

Sedangkan dalam hadits keutamaan memberi sedekah tercantum dalam HR. Thabrani yang menjelaskan tentang sedekah dapat bermanfaat mencegah kematian dalam kondisi buruk, memperpanjang usia, dan menghilangkan sifat sombong.

Saat kita melaksanakan sedekah, kita bebas memilih siapa saja yang akan kita berikan sedekah. Tetapi dalam ajaran agama Islam ada orang yang paling utama yang harus kita berikan sedekah dan aturan memberikan sedekah dengan cara terbaik.

1. Sedekah Dengan Khofiyyah

Sedekah yang terbaik adalah sedekah yang bersembunyi-sembunyi. Sehingga saat kita memberikan sedekah bukan karenakan niat dilihat orang lain atau riya. Kita menjalankan sedekah dengan ikhlas dan hanya karena mengharap keridhoan dari Allah SWT.

2. Bersedekahlah dalam Keadaan Sehat

Waktu sedekah terbaik adalah saat kita dalam kondisi sehat, karena saat kita sehat pahalanya akan lebih besar.

Janganlah menunda-nuda untuk bersedekah apalagi kita bersedekah saat mengetahui bahwa ajal sudah dekat. Karena jika sedekah kita lakukan saat merasa ajal sudah mendekat itu bukanlah sedekah tetapi wasiat atau harta ditinggalkan untuk hak ahli waris.

3. Bersedekahlah Saat Kelebihan Harta

Saat kelebihan harta lakukanlah sedekah, ini adalah waktu terbaik untuk melakukan sedekah. Karena banyak orang ketika sudah merasa kelebihan harta mereka lupa untuk bersedekah. Padahal dengan bersedekah saat memiliki harta yang banyak juga dapat membantu kita agar harta yang dimiliki lebih berkah.

4. Sedekahlah Sesuai Dengan Kemampuan Masing-Masing

Lakukanlah sedekah sesuai dengan kemampuan. Jika secara ekonomi kamu tidak memiliki banyak harta, sedekahkanlah dengan apa yang kamu miliki walaupun itu jumlahnya sedikit, atau kamu juga bisa menyedekahkan waktu dan tenagamu untuk menolong atau membantu orang lain yang membutuhkan.

5. Utamakan Besedekah Kepada Anak Isti

Sedekah yang paling utama kepada siapa? Maka sedekah paling utama yang harus dilakukan adalah kepada keluarga. Jika kamu merupakan seorang suami dan ayah maka berikanlah nafkah kepada anak dan istri sebagai sedekah.

6. Bersedekah pada Kerabat

Sedekah yang paling utama kepada siapa kedua adalah kepada kerabat. Siapa itu kerabat? Kerabat adalah orang yang terdekat dan masih ada hubungan keluarga seperti paman, bibi, keponakan, dan saudara lainnya yang membutuhkan bantuan.

7. Bersedekah pada Tetangga

  1. An-Nisa: 36 dan HR Muslim menjelaskan tentang kita harus selalu berbuat baik kepada tetangga, termasuk kita juga bisa memberikan bantuan sedekah kepada tetangga jika mereka benar-benar membutuhkan bantuan.

8. Bersedekah pada Kawan Seperjuangan

Kamu bisa memberikan sedekah kepada kawan seperjuangan yang sama-sama berjuang di jalan Allah. Jika teman seperjuanganmudalam kondisi kekurangan atau butuh bantuanmu maka tolonglah mereka degan cara memberikan sedekah.

9. Bersedekah Untuk Keperluan Jihad fii sabilillaah

Kamu juga bisa melakukan sedekah di jalan Allah dengan memberikan sedekah untuk kebutuhan jihad.

10. Sedekah Jariyah

Kamu bisa melaksanakan sedekah jariah dengan memberikan ilmu yang bermanfaat, membangun masjid, menggali sumur untuk kepentingan bersama dan lainnya.