Dewasa ini, kegiatan screenshot sudah banyak digunakan banyak orang. Screenshot seringkali digunakan untuk menangkap informasi pada layar komputer untuk dibagikan. Bahkan, kemudahan menangkap informasi layar dalam bentuk gambar ini sering dimanfaatkan untuk membuat tutorial. Lantas, bagaimana cara screenshot di komputer? Yuk simak penggunaan aplikasi berikut.

Aplikasi Penyedia Screenshot Di Komputer

  1. Snipping Tool

Anda pasti akan menemukan aplikasi ini pada komputer dengan windows 7, 8 maupun 10. Pasalnya, aplikasi ini memang telah ada tanpa menyulitkan anda untuk menginstalnya. Snipping tool bahkan bisa digunakan untuk menscreenshot layat penuh maupun beberapa area layar tententu. Anda bahkan bisa menggerakkan kursor untuk menangkap informasi yang diinginkan.

Snipping tool juga dibekali dengan berbagai fitur seperti pen, hightlighter, eraser, 3D paint, delay, mode, save dan masih banyak yang lainnya. Aplikasi ini bahkan juga menyediakan mode screenshot yang mudah digunakan. Anda tentu tidak hanya bisa menscreenshot dengan bentuk persegi, mode bebas pun bisa anda gunakan disini.

Menariknya, aplikasi ini juga dilengkapi dengn beberapa format penyimpanan hasil screenshot. Terdapat format JPEG, PNG, GIF dan MTH sesuai dengan kebutuhan. Penggunaan aplikasi ini pun sangat mudah untuk dipraktikkan. Anda hanya perlu membuka aplikasi, lalu klik new. Kemudian, pilihlah mode screenshot dan drag informasi pada layar. Setelah itu, simpan dengan format yang dibutuhkan.

  1. Greenshot

Aplikasi ini juga mudah didapatkan karena gratis dan open source. Greenshot bahkan bisa anda gunakan untuk komputer berbasis macOS yang bisa diperoleh melalui Appstore. Program yang telah rilis sejak tahun 2007 oleh Thomas Braun, Jens Klingen dan Robin Krom ini menjadi salah satu aplikasi handal untuk melakukan screenshot layar komputer.

Greenshot juga memiliki ukuran yang sangat ringan, yaitu sebesar 1,69 MB. Tentunya, fitur menarik juga banyak tersedia pada aplikasi ini. Terdapat tool untuk menangkap halaman web scrolling, opsi ekspor, anotasi dan yang lainnya. Program yang satu ini bahkan dilengkapi dengan lebih dari 30 bahasa, termasuk bahasa Indonesua

  1. PicPick

Cara screenshot di komputer juga dapat anda lakukan menggunakan aplikasi Picpick. Aplikasi ini bahkan menawarkan layanan gratis hingga premium dengan menawarkan berbagai fitur yang canggih. Tentunya, anda tidak hanya melakukan screenshot sebagaimana snipping tool menggunakan PicPick. Menambahkan keterangan seperti tanda dan teks maupun menerapkan efek pun dapat dilakukan.

  1. ShareX

ShareX mengembangkan kegiatan screenshot untuk digunakan dalam berbagai tujuan dan layanan. Aplikasi ini bisa digunakan untuk membuat tutorial dengan gambar bergerak yang menggunakan format GIF. ShareX bahkan dapat digunakan untuk merekam layar dan menghasilkan mp4 dengan mudah.

Aplikasi yang satu ini dapat dijalankan menggunakan hotkey. Pasalnya, anda hanya perlu membuka aplikasi dan pilih menu capture. Kemudian, klik screen recording dengan format GIF dan drag arean yang akan direkam. Jika anda telah menyelesaikan perekaman ini, pilih menu stop untuk selanjutnya disimpan pada folder yang telah ditentukan.

  1. Snagit

Penggunaan Snagit sangat disarankan untuk anda yang membutuhkan screenshot untuk kegiatan profesional. Hal ini karena Snagit dibekali oleh berbagai fitur untuk menghasilkan gambar, video maupun GIF. Anda bahkan hanya perlu membuka aplikasi ini dan pilih mode screenshot yang diinginkan. Kemudian, klik print screen, pilih area, edit dan simpan.

Itulah beberapa aplikasi untuk kegiatan screenshot yang bisa anda pilih. Setiap aplikasi ini memiliki kelebihan maupun kekurangan yang bisa dioptimalkan sesuai dengan fungsinya. Anda bahkan bisa mendapatkan informasi lain terkait dengan kegiatan screenshot ini dengan mengunjungi www.charis.id.